Investor Terus Bertambah, KSEI Siapkan 30 Program Kerja

Foto : Dok. KSEI

Pasardana.id - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah menyusun 30 program kerja, dimana 9 diantaranya merupakan program strategis.

Salah satunya adalah rencana pengembangan alternatif penyimpanan Dana Nasabah pada Sub Rekening Efek (SRE) untuk instrumen efek bersifat ekuitas dan efek bersifat utang dan Investor Fund Unit Account (IFUA) untuk instrumen reksa dana.

Direktur Utama KSEI, Uriep Budhi Prasetyo menjelaskan, program ini bertujuan untuk memberikan alternatif tempat penyimpanan dana dalam rangka penyelesaian transaksi di pasar modal.

“Guna mengantisipasi peningkatan jumlah investor di pasar modal, KSEI akan melakukan penambahan jumlah karakter kode klien dari 4 karakter menjadi 6 karakter,” jelas dia kepada media, Kamis (23/12/2021).

Ia melanjutkan, KSEI juga sedang mengembangan teknologi digital lainnya berkaitan dengan pengembangan eASY.KSEI.

Dalam waktu dekat, KSEI akan melanjutkan pengembangan eASY.KSEI agar dapat digunakan untuk penyelenggaraan e-RUPEBUS (rapat umum pemegang efek bersifat utang) dan e-RUPUP (rapat umum pemegang unit penyertaan) secara daring. eASY.

”KSEI juga akan dilengkapi dengan dukungan terkait multi-voting shares atau saham dengan hak multiple,” terang dia.

Program kerja itu, kata dia, sebagai antipasi layanan peningkatan jumlah investor dari waktu ke waktu.

Saat ini, sebanyak 81,36 persen investor pasar modal Indonesia merupakan generasi milenial dan gen z.

Dengan demikian, pengembangan dari sisi teknologi digital dan pembangunan infrastruktur pasar modal yang memungkinkan kegiatan online harus dapat diwujudkan KSEI.

“Bukti nyata dari keberhasilan atas terobosan dan inovasi yang telah diselenggarakan KSEI, salah satunya tercermin dari pertumbuhan jumlah investor pasar modal Indonesia. Simplifikasi pembukaan rekening maupun eASY.KSEI turut berperan serta dalam pertumbuhan jumlah investor pasar modal Indonesia, khususnya investor saham yang mengalami pertumbuhan jumlah hingga 100 persen,” papar dia.