PSAB Akan Jual Tambang Emas di Gorontalo

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - J Resources Nusantara, anak usaha PT J Resources Asia Pasifik Tbk (IDX: PSAB) akan menjual seluruh kepemilikan saham pada PT Gorontalo Sejahtera Mining kepada PT Andalan Bersama Investama, anak perusahaan dari PT Provident Indonesia.

Rencana itu tertuang dalam perjanjian jual beli bersyarat antara PT J Resources Nusantara dengan PT Andalan Bersama Investama pada tanggal 1 Oktober 2021.

Ditegaskan, rencana penjualan saham ini tunduk kepada syarat pemenuhan yang diatur dalam perjanjian dan diperolehnya persetujuan-persetujuan dari pemegang obligasi dan/atau kreditur anak-anak perusahaan perseroan.

Untuk diketahui, PT Gorontalo Sejahtera Mining, pemegang kontrak kerja wilayah tambang emas seluas 14.570 hektar yang menyebar di Blok Pani dengan cadangan emas 379 ribu once emas dan Bolanggitang di Sulawesi Utara, serta Blok Bulagidun di Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, PSAB mengumumkan untuk menjajaki apabila terdapat investor yang tertarik terhadap aset-aset perseroan. 

Langkah itu diambil sebagai salah satu pilihan untuk memenuhi kewajiban pelunasan utang anak usahanya J Resources Nusantara (JRN) kepada PT Bank Negara Indonesia Tbk (IDX: BBNI).

Rencana itu tertulis dalam jawaban manajemen PSAB atas pertanyaan regulator bursa yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (10/9/2021).

“Selain proses refinancing, Perseroan juga berencana untuk menjajaki apabila terdapat investor yang tertarik terhadap aset-aset perseroan,” tulis manejemen PSAB.