Saudi Tolak Tambah Produksi, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Kamis (14/10/2021) setelah Arab Saudi menolak untuk menambah produksi minyak mentah.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November 2021 naik 87 sen menjadi US$81,31 per barel yang merupakan harga tertinggi dalam tujuh tahun terakhir di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman November 2021 meningkat 82 sen, atau sekitar 1 persen, menjadi US$84 per barel yang merupakan harga tertinggi sejak Oktober 2018 di London ICE Futures Exchange.

Saudi menolak tambahan produksi bersama negara-negara produsen minyak lainnya yang tergabung dalam OPEC+ dengan alasan untuk melindungi pasar minyak global dari pergerakan harga yang volatil seperti yang dialami pasar gas alam dan batu bara. OPEC+ tetap akan mempertahankan peningkatan produksi sebesar 400.000 barel per bulan.

Keengganan Saudi untuk meningkatkan produksi menutupi peningkatan cadangan minyak Amerika Serikat sebesar 6 juta barel, jauh melampaui perkiraan para analis peningkatan 702.000 barel. Produksi minyak AS mencapai 11,4 juta barel per hari.