Pangkas Jumlah Saham Right Issue, GSMF Bakal Raup 1,23 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Equity Development Invesment Tbk (IDX: GSMF) mengurangi jumlah penawaran saham seri C melalui right issue menjadi sebanyak 7.454.723.337 saham dari rencana awal 10,1 miliar saham.

Mengutip prospektus right issue emiten jasa keuangan ini yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (13/10/2021) dengan harga pelaksanaan Rp165 per lembar, maka perseroan akan meraup dana sebesar Rp1,23 triliun.

Dijelaskan, setiap pemegang satu saham GSMF pada pukul 16.15 WIB tanggal 10 Desember 2021 akan mendapat 1 Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Selanjutnya, 1 satu HMETD itu dapat ditebus menjadi 1 saham GSMF dengan harga pelaksanaan atau diperdagangan pada tanggal 14 hingga 20 Desember 2021.

Sementara itu, Equity Global International Limited selaku Pemegang Saham Utama Perseroan dengan kepemilikan 67,76 persen akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya.

Di samping itu, Pemegang saham utama itu juga akan bertindak menjadi Pembeli Siaga atas sebagian dari sisa saham yang tidak diambil bagian oleh pemegang saham lainnya dengan menyiapkan Rp1,1 triliun.

Setelah itu, dana hasil right issue akan digunakan untuk meningkatkan modal inti anak usaha PT Bank Ganesha Tbk (IDX: BGTG) senilai Rp 1 triliun. Saat ini, perseroan memegang 29,86 persen.

Sedangkan sisanya, akan digunakan untuk meningkatkan investasi saham pada entitas anak lainnya, tetapi tidak terbatas untuk pengambilalihan saham yang dimiiliki oleh pemegang saham lainnya, serta penambahan modal dalam rangka pengembangan kegiatan melalui entitas anak.