BEI Akan Pertegas Pengertian Pengendali Emiten

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah menata ulang peraturan I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan perusahaan tercatat.

Salah satu hal yang akan diatur ulang, yaitu pemegang saham pengendali.

Jelasnya, dalam rancangan tersebut menegaskan, Pengendali Perusahaan Terbuka yang selanjutnya disebut Pengendali adalah Pihak yang baik langsung maupun tidak langsung memiliki saham Perusahaan Terbuka lebih dari 50 persen dari seluruh saham dengan hak suara yang telah disetor penuh atau mempunyai kemampuan untuk menentukan, baik langsung maupun tidak langsung, dengan cara apapun pengelolaan dan/atau kebijakan Perusahaan Terbuka sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 4 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.

Sedangkan pengertian Pengendali menurut peraturan yang berlaku saat ini adalah Pengendali Perusahaan Terbuka sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.

Pada sisi lain, BEI juga ingin memperjelas pengertian saham publik. Jelasnya, rancangan itu menyebutkan, Saham Publik atau Public Float adalah saham yang dimiliki oleh pemegang saham kurang dari 5 persen dan bukan Pengendali dengan kriteria saham tersebut bukan warkat (scripless) dan bukan saham treasuri (saham milik perusahaan yang telah dibeli kembali oleh perusahaan tersebut dengan tujuan tertentu).