ANALIS MARKET (13/01/2021) : Sentimen Vaksin Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Rabu (13/01), antara lain;

1.Presiden Donald Trump merasa bahwa dirinya tidak berisiko dicopot dari jabatannya meskipun telah mendorong para pendukungnya untuk menyerang Capitol AS minggu lalu, mengacu kepada Amandemen ke-25 konstitusi Amerika Serikat. Demokrat telah menyerukan agar Trump dicopot, tetapi Presiden justru menyatakan bahwa apa yang telah dia lakukan telah sesuai dengan hal yang seharusnya terjadi. Sementara itu, lebih banyak bank memutuskan hubungan dengan Presiden karena kerusuhan tersebut.

2.Beberapa hari sebelum peluncuran global vaksin Biotek Sinovac dimulai, ketidakpastian berputar-putar atas kemanjurannya, di mana empat angka tingkat perlindungan yang berbeda telah dirilis dalam beberapa pekan terakhir. Indonesia, yang bergerak paling cepat dalam mendistribusikan suntikan Sinovac ke populasinya, mengatakan bahwa uji coba lokal menunjukkan kemanjuran 65% terhadap Covid-19. Tapi hanya 1.620 orang di Indonesia yang ambil bagian dalam uji coba itu – terlalu kecil untuk data yang bermakna. Turki dan Brasil memposting hasil yang berbeda dengan ukuran sampel yang berbeda. Sementara itu, Pfizer dan pejabat kesehatan federal sedang menyelidiki kematian petugas kesehatan 16 hari setelah orang tersebut menerima vaksin Covid-19 perusahaan.

3.Pemerintah menjanjikan sejumlah insentif, baik fiskal maupun nonfiskal, terhadap bidang usaha prioritas, yaitu bidang usaha yang memenuhi paling tidak satu dari tujuh kriteria. Ketujuh kriteria itu adalah program/proyek strategis nasional, padat modal, padat karya, teknologi tinggi, industri pionir, orientasi ekspor/substitusi impor, serta orientasi dalam kegiatan penelitian, pengembangan, dan inovasi.

4.Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level RP 14.130,0, melemah. Selain itu, komoditas utama dunia, yaitu minyak WTI pagi ini menguat 0,21% dan Brent menguat 0,07%.

5.Diperdagangan Rabu (13/01) pagi ini, Kospi dibuka naik 0,52% sedangkan Nikkei 225 turun 0,02%. Indeks futures di Amerika Serikat, Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq naik masing-masing sebesar 0,06%, 0,09%, dan 0,12%.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Rabu (13/01/2021).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.