AP Logistik Luncurkan Penanganan Kargo Jenazah
Pasardana.id - PT Angkasa Pura Logistik (APLOG) meluncurkan layanan jasa terbarunya yaitu Human Remain Lounge atau Penanganan Kargo Jenazah.
Langkah ini sebagai upaya untuk mempermudah kepengurusan kargo jenazah bagi masyarakat yang membutuhkan.
Perusahaan jasa yang bergerak di bidang supply chain dan logistik tersebut meresmikan launching Human Remain Lounge dengan tema “Handle With Care”.
Pada layanan jasa terbarunya ini, PT Angkasa Pura Logistik bekerja sama dengan PT Dua Gapura Sejahtera.
“Dengan fasilitas yang diadakan saat ini oleh PT Angkasa Pura Logistik mudah-mudahan ini menjadi pilot project di kedepannya. Mari kita terus membangun fasilitas-fasilitas atau infrastruktur yang mendukung layanan dunia penerbangan. Kami atas nama Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV akan terus mendukung PT Angkasa Pura Logistik walaupun di tengah situasi pandemi ini kita harus terus bersemangat," kata Marthinus Hutasoit, Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, dikutip Jumat (4/9/2020).
Secara garis besar layanan Human Remain Lounge tersebut menyediakan jasa khusus Repatriasi (pemulangan) yaitu pemulangan jenazah ke tempat asalnya atau antar negara dengan menggunakan pesawat udara baik domestik maupun internasional dengan fasilitas seperti adanya coffin room, lounge untuk keluarga, peti mati sesuai regulasi, ambulance, bunga hingga segala sesuatunya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman jenazah.
“Kami mitra dari PT Angkasa Pura Logistik sebagai sinergi untuk pengolaan Human Remain Lounge. Secara umum Human Remain Lounge adalah tempat transit sementara untuk jenazah sebelum diterbangkan ke tempat asalnya dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh keluarga yang ditinggalkan dan juga jenazah yang akan diterbangkan, kami mempersiapkan itu semua,” ujar Handri Jacobus General Manager PT Dua Gapura Sejahtera.
"Kami dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang salah satu fungsinya juga untuk melakukan pengawasan di Bandara. Selain kami melakukan pengawasan terhadap penumpang kami pun melakukan pengawasan terhadap Jenazah terlebih situasi pandemi Covid-19. Dengan adanya layanan terpadu seperti ini, kami merasa sangat terbantu dengan adanya Human Remain Lounge dan mungkin kedepannya pengawasan kami menjadi lebih mudah dan lebih efektif," jelas Indrawati, perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.

