Bergerak di Bidang Property, PLAN Jadi Emiten ke-46 BEI Tahun 2020

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti, akomodasi dan manajemen perhotelan, sukses menggelar Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan menjadi emiten ke-46 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang tahun 2020.

Perseroan melepas sejumlah 267.856.800 (dua ratus enam puluh tujuh juta delapan ratus lima puluh enam ribu delapan ratus) saham dimana besaran saham itu setara dengan 30% dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan dengan harga Rp112 per saham.

Dengan demikian, perseroan menerima dana segar sebesar Rp30 miliar dimana dana yang diraih perseroan dari IPO ini, utamanya sekitar 20% akan digunakan untuk modal kerja dan pengembangan yang bergerak di bidang hotel manajemen dan selanjutnya 80% digunakan untuk pembangungan infrastruktur dan interior hotel yang terletak di area Kelapa Gading.

Direktur Utama Perseroan, Antonyo Tanujaya mengungkapkan, kinerja perusahaan sampai tahun 2019 masih mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang positif.

"Langkah perusahaan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO adalah bagian dari strategi meningkatkan kapasitas pendanaan perusahaan, tata kelola dan pengembangan bisnis untuk lebih baik lagi,” imbuhnya, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (15/9).

Antonyo menyatakan, sehungungan dengan program pemerintah untuk mengenjot sektor pariwisata maka perseroan optimis dengan prospek bisnis perhotelan yang dijalankan PLAN saat ini.

Lebih lanjut Antonyo menjelaskan, bahwa hal itu terlihat dari Pertumbuhan PDB pariwisata di atas rata-rata industri dengan spending USD1 Juta atau PDB 170%, tertinggi di industri.

"Selain itu, sektor pariwisata merupakan penyumbang 9,8 juta lapangan pekerjaan, atau sebesar 4,8%. Sektor pariwitsata nasional kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional," bebernya.

Di tahun 2020, para pemegang saham PT Planet Properindo Jaya Tbk menyetujui untuk melakukan penyesuaian anggaran dasar dengan maksud merubah Perseroan menjadi Perusahaan Terbuka, dan melakukan penawaran umum perdana saham.

Dalam IPO ini, perseroan menunjuk PT Indo Capital Sekuritas selaku penjamin emisi efek.

Sekadar informasi, Perseroan didirikan pada tahun 2003 dengan motto “we don’t build buildings but we create lifestyle and value” merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang property, akomodasi dan manajemen perhotelan.

Kedepannya, perseroan juga akan menyediakan layanan mulai dari bantuan teknis, pra- pembukaan hotel, manajemen operasi harian, penjualan & pemasaran dimana fokus untuk hotel, resort, villa dan apartemen.