Arab Saudi Kembali Buka Penerbangan Internasional Pada 15 September Besok

Foto : istimewa

Pasardana.id - Arab Saudi akan mencabut secara parsial pembatasan penerbangan internasional per 15 September. Pencabutan pembatasan penerbangan internasional ini hanya untuk warga negara yang masuk kategori luar biasa.

Kerajaan, tulis kantor berita SPA, Minggu (13/9/2020), akan menghapus semua pembatasan perjalanan darat, laut, dan udara bagi warga negara pada 1 Januari 2021. Sebelumnya, pada Maret 2020, kerajaan Arab Saudi menangguhkan penerbangan internasional guna mencegah penyebaran virus corona.

Kategori luar biasa mencakup pegawai sektor militer dan umum, diplomat beserta keluarganya, mereka yang bekerja di sektor swasta publik atau nirlaba di luar negeri, pengusaha, pasien yang membutuhkan pengobatan di luar negeri, mereka yang belajar di luar negeri serta orang-orang dengan kasus kemanusiaan dan tim olahraga.

Warga negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) dan warga asing dengan tempat tinggal yang sah atau visa pengunjung akan diperbolehkan memasuki kerajaan mulai 15 September dengan syarat membawa hasil tes bahwa mereka negatif Covid-19.

Sementara itu, untuk umrah, negeri kerajaan tersebut akan memberi lagi izin namun secara bertahap. Sejak Maret, umrah ditangguhkan karena kekhawatiran virus corona menyebar ke kota-kota suci Islam.

Sebelumnya ibadah haji yang berlangsung Juli juga hanya diikuti 10.000 orang dengan melibatkan warga Arab Saudi dan ekspatriat yang memang sudah menetap di negeri itu. Padahal, tanpa corona, haji diikuti 2,5 juta orang per tahunnya.  

Kerajaan menerapkan langkah ketat untuk menekan penyebaran Covid-19 pada Maret, termasuk jam malam di sebagian besar kota. Arab Saudi hingga kini mencatat 325.651 kasus Covid-19 dan 4.268 kematian.