Gandeng Google, Amar Bank Rilis 'Senyumku'

foto : istimewa
foto : istimewa

Pasardana.id - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) mengumumkan kerjasamanya dengan Google Cloud dalam memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di Cloud.

Kolaborasi Amar Bank dan Google Cloud didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica, untuk memungkinkan Bank dalam memanfaatkan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi dengan lebih cepat.

Sebagai contoh, Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah.

Aplikasi ini memberitahu nasabah akan pola pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan mendorong mereka untuk membangun kebiasaan menabung.

“Kami mengapresiasi langkah Google dalam meluncurkan regional Google Cloud di Indonesia. Google Cloud menyediakan solusi Cloud terbaik untuk bisnis kami, mulai dari solusi cluster Kubernetes dengan Google Kubernetes Engine (GKE) yang memungkinkan kami dalam mengelola dan meningkatkan skala layanan dengan mudah dan efektif dari segi biaya. Ditambah dengan solusi Google Data Analytics dan AI yang menjadi kunci untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik. Lebih lanjut, standar keamanan kelas dunia membantu kami memberikan jaminan kepada nasabah bahwa Amar Bank menyediakan produk & solusi digital yang sepenuhnya aman dengan dukungan dari teknologi Google Cloud. Secara singkat, Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar, yaitu Skalabilitas, Keamanan, dan Kecerdasan artifisial bawaan. Dengan Google Cloud, kami memberikan penawaran unik untuk mengatasi kesenjangan di pasar melalui user experience yang unggul dan mendukung inklusi keuangan untuk semua,” ungkap Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank dalam siaran pers, Rabu (01/7/2020).

Ditambahkan, teknologi Cloud membuat Senyumku dapat menghadirkan pengalaman menabung yang mudah dan aman serta memberikan fasilitas bagi nasabah dalam mengendalikan dan memantau keuangannya melalui smartphone.

Aplikasi ini didesain secara khusus untuk mendorong masyarakat agar memiliki kebiasaan untuk menabung dengan perencanaan keuangan yang lebih baik.

Dengan memberikan suku bunga menarik, Senyumku juga dirancang untuk memberikan informasi yang dipersonalisasi serta dapat bertindak sebagai pengingat dan penasihat keuangan pribadi bagi setiap nasabahnya. 

“Pelanggan ingin mengakses layanan perbankan semudah mungkin, dan layanan Artificial Intelligence lah yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan personal, hal ini tidak dapat dilakukan tanpa Cloud,” ungkap Megawaty Khie, Country Director Google Cloud di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Amar Bank untuk menjadi yang “pertama” di Indonesia dengan Senyumku, dan membantu mereka untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka,” tambahnya.

Saat ini, Senyumku hadir dalam versi Lite dengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah mudah yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun.

Versi ini memberikan akses dan kemudahan kepada nasabah untuk mencoba fitur-fitur unggulan Senyumku.

Fitur yang sudah dapat digunakan diantaranya adalah manajemen keuangan pribadi dan investasi dalam bentuk deposito.

Pada versi Lite, nasabah juga dapat merasakan fitur top up yang memudahkan nasabah untuk menambahkan akun bank lain dan e-wallet sebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi pada aplikasi Senyumku.

Ke depan, Senyumku akan hadir dalam versi lengkap dengan kecanggihan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih mumpuni untuk meningkatkan fitur penasihat keuangan serta memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses seluruh kegiatan transaksi perbankan. 

“Kehadiran Senyumku dapat memberikan kemudahan bagi para nasabah, terlebih di tengah situasi pandemi ini. Saat ini, Senyumku Lite sudah dapat diunduh melalui Playstore yang memudahkan nasabah untuk memonitor keuangan mereka, dimana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone. Melalui Senyumku, kami berharap dapat membantu masyarakat agar lebih semangat dalam menabung guna meraih tujuan finansial yang ingin dicapai. Kami juga berharap, ke depannya, Amar Bank dapat terus hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah dan membawa senyuman dalam hidup mereka,” ungkap Head of Technology Amar Bank, Kevin Kane.