Covid-19 Tekan Laba SMSM 8,6% Pada Kuartal I 2020

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) mencatatkan laba bersih sebesar Rp115 miliar pada kuartal I 2020, atau turun 8,6% dibanding kuartal I 2019, yang tercatat sebesar Rp125 miliar.

Berdasarkan keterangan resmi emiten suku cadangan kendaraan bermotor itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (26/6/2020) disebutkan, penjualan juga turun 9,86% menjadi Rp803 miliar dibanding kuartal I 2019 sebesar Rp891 miliar.

Manajemen mengaku, penurunan kinerja tersebut disebabkan pandemi COVID-19. Pasalnya, wabah itu  menimbulkan lebih banyak ketidakpastian dan tantangan terhadap pasar domestik dan pasar global, dan telah memaksa sebagian besar negara untuk melakukan upaya pengendalian yang membatasi aktivitas bisnis dan industri secara masif.

“Hal itu juga berdampak pada kinerja perseroan, mengingat sekitar 70% dari penjualan SMSM dari pasar global,” sebut keterangan resmi tersebut.

Namun kedepannya, jelas menajemen, SMSM bersikap lebih konservatif dan selalu mempertimbangkan aspek manajemen risiko serta tetap berhati-hati dalam mengeksekusi berbagai strategi dan program, memperkuat posisi keuangan, memitigasi risiko penerimaan dari pelanggan, peningkatan efisiensi dan efektivitas setiap pengeluaran, selain tetap menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan Perseroan.

Ditambahkan, perseroan juga akan terus memantau setiap informasi terbaru mengenai pandemi COVID-19, sebagai upaya dalam memastikan Perseroan memiliki kemampuan dan sumber daya yang cukup untuk memastikan keberlangsungan kegiatan operasinya.