ESTI Serahkan Donasi APD Ke PMPI

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Ever Shine Tex Tbk (ESTI) menyerahkan donasi APD kepada Pasar Modal Peduli Indonesia (PMPI) dalam rangka membantu program Pemerintah untuk menanggulangi Pandemi Covid-19.

"Kami PT Ever Tex Tbk pada hari ini menyerahkan donasi berupa Alat Pelindung Diri (APD), hazmat sebanyak 500 pcs, sebagai salah satu bentuk kepedulian kami selaku emiten yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia," ungkap Erlien Lindawati, Direktur & Corporate Secretary PT Ever Shine Tex Tbk, dalam siaran pers, Selasa (12/5).

Untuk diketahui, ESTI adalah perusahaan tekstil yang memproduksi benang nylon dan kain sintetis yang terbuat dari benang nylon dan benang polyester, melalui anak perusahaan nya yakni PT Primarajuli Sukses, yang hampir 100% sahamnya dimiliki oleh PT Ever Shine Tex Tbk.

Di tengah situasi yang penuh ketidak-pastian ini, perseroan telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan agar perusahaan tetap beroperasi dan bisa tetap mempekerjakan karyawannya, yang saat ini berjumlah sekitar 900 orang.

"Beberapa langkah yang telah kami lakukan antara lain adalah mengurus Ijin Beroperasi dan Ijin Edar, agar selama Pembatasan Skala Besar Beroperasi (PSBB) ini, Perusahaan bisa tetap berproduksi dan mengirim barang-barangnya kepada para pembeli, dimana sejak bulan Maret 2020 sampai sekarang, hampir semuanya merupakan perusahaan pembuat APD (APD maker) berskala kecil dan menengah dan
juga perusahaan garmen yang saat ini beralih membuat APD dalam rangka untuk memenuhi permintaan yang ada," beber Erlien.

Adapun, kain yang diproduksi perseroan untuk keperluan pembuatan APD telah lulus uji mutu sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh WHO.

"Kami berharap langkah-langkah kecil yang kami lakukan ini, bisa turut serta membantu Pemerintah dalam penyediaan APD yang sangat diperlukan oleh para dokter, tenaga medis dan para relawan yang bertugas di rumah sakit dan ditempat-tempat perawatan pasien yang terpapar virus Corona," imbuhnya.

Saat ini, perseroan juga telah menyerahkan donasi APD melalui organisasi sosial dan organisasi keagamaan untuk disalurkan ke rumah sakit rumah sakit di Indonesia yang masih membutuhkan.

Perseroan juga menyerahkan donasi berupa masker kain sebanyak 10.000 pcs untuk pekerja dan masyarakat sekitar pabrik di kabupaten Tangerang sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility).

Perseroan juga mengungkapkan, bahwa pembuatan masker kain dikerjakan oleh penjahit rumahan di sekitar lingkungan pabrik dengan menggunakan stock kain yang ada, sehingga sekaligus menciptakan lapangan mata pencaharian dan tambahan pendapatan bagi masyarakat sekitar selama pandemi ini.

Sebelumnya, merebaknya pandemi Covid-19 pada awal Maret 2020 telah menimbulkan kondisi yang tidak pasti bagi dunia usaha. Permintaan produk tekstil perseroan secara keseluruhan mengalami penurunan baik di pasar domestik maupun pasar luar negeri.

Toko-toko dan pedagang di Pasar Tanah Abang, yang merupakan pusat perdagangan tekstil terbesar di Indonesia tutup mengikuti aturan PSBB.

Permintaan kain dari pembeli dalam negeri juga turun tajam atau hampir berhenti sehingga operasional pabrik, terutama divisi benang diturunkan sampai sekitar 30% untuk mencegah stock yang menumpuk karena berhentinya permintaan benang nylon dari pembeli luar negeri.

Saat ini, benang nylon yang dihasilkan, hampir sepenuhnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan bahan baku internal divisi kain. Beberapa pembeli dari luar negeri telah menunda atau bahkan membatalkan pesanannya karena alasan yang sama yang dialami oleh negara importir.

Meskipun demikian, Perseroan dan anak usaha, terselamatkan dengan adanya permintaan kain dari produsen APD sehingga pabrik masih bisa beroperasi sampai saat ini.

"Kami berharap agar situasi sulit akibat Covid-19 ini dapat diatasi dengan baik oleh Pemerintah dan kegiatan usaha dapat berangsur kembali normal, masyarakat dapat kembali beraktifitas, menjaga kesehatan dan kebersihan dengan lebih baik," tutup Erlien.