Indeks Nikkei Terjun 4,50 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, terjun 851,60 poin, atau sekitar 4,50 persen, pada Rabu (1/4/2020), menjadi 18.065,41. Indeks Topix juga melemah secara signifikan, sebesar 3,68 persen menjadi 1.351,45.

Seperti dilaporkan Reuters, indeks Nikkei mengalami penurunan pada sesi perdagangan pertama di tahun fiskal baru di Jepang seiring mencuatnya tanda-tanda pelemahan iklim bisnis di Negeri Sakura dan Asia.

Survei yang dilakukan Bank of Japan menunjukkan bahwa para pemimpin perusahaan besar di negara tersebut menyatakan pesimis terhadap kondisi bisnis saat ini, pertama kalinya terjadi dalam tujuh tahun terakhir.

Indeks aktivitas manufaktur mengalami kontraksi pada Maret di sebagian besar negara di Asia, menutupi pertumbuhan aktivitas manufaktur yang berlangsung di Tiongkok.

Para investor melakukan aksi ambil untung, menyebabkan saham perusahaan kima dan kosmetik Kao yang defensif terjun 6,32 persen hari ini.

Di sisi lain, saham Fujifilm naik 0,64 persen setelah mengumumkan peluncuran uji klinis terhadap kemanjuran obat Avigan yang diproduksinya dalam mengatasi virus Corona (COVID-19).

Nilai tukar dolar Amerika Serikat menguat 0,2 persen terhadap yen menjadi 107,74 yen per dolar AS.