Harga Minyak Dunia Turun Dipicu Kekhawatiran Pelemahan Permintaan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (7/2/2020) dipicu kekhawatiran pelemahan permintaan global terhadap minyak mentah.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2020 turun 63 sen menjadi US$50,32 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April 2020 merosot 46 sen menjadi US$54,47 per barel di London ICE Futures Exchange.

Menurut nota yang dirilis analis Commerzbank Research pada Jumat, harga minyak dunia terpengaruh kekhawatiran pelemahan permintaan yang dibarengi dengan pasokan berlebih.

Sebagai respon terhadap pelemahan permintaan, OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah lainnya yang tergabung dalam OPEC+ berencana untuk memajukan rencana pertemuan ke bulan Februari dari sebelumnya Maret, dengan agenda pembahasan pengurangan produksi.

Desember lalu, OPEC+ sepakat mengurangi produksi sebesar 500.000 barel per hari sehingga total pengurangan produksi menjadi 1,7 juta barel per hari.