ANALIS MARKET (17/1/2020) : Sentimen Harga Minyak Mentah yang Menguat Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (16/1), IHSG mengakhiri reli net buy yang telah berlangsung selama 5 hari berturut-turut dengan mencatatkan net sell mencapai Rp731 miliar.

Sektor perbankan mencatatkan net sell mencapai Rp332 miliar pasca wacana terkait modal inti minimum bank yang akan dinaikkan menjadi Rp 3 triliun.

Rencananya aturan ini akan terbit pada akhir Januari atau awal Februari 2020.

Dari sisi komoditas, nikel diprediksi memiliki prospek cerah tahun ini ditopang oleh sentimen produksi kendaraan listrik, meredanya tensi dagang AS-Tiongkok yang akan memulihkan permintaan atas nikel yang sempat anjlok pada 2019 karena tensi kedua negara memanas.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah tipis 0,38% ke level 13.643.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat 0,92% ditopang oleh angka penjualan ritel AS yang solid pada Desember dan saham Morgan Stanley yang melonjak 6,61% setelah rilis kinerja keuangan yang melebihi estimasi Wall Street.

Di sisi komoditas, tensi geopolitik yang mereda dan pengesahan perombakan perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara memperkuat harga minyak mentah Brent dan WTI.

“Beragam kondisi tersebut diatas, berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (17/1/2020).