ANALIS MARKET (14/1/2020) : Kesepakatan Indonesia-UEA Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (13/1), IHSG berhasil menerima net buy Rp251 miliar oleh investor asing dengan sektor perbankan mencatatkan net buy terbesar mencapai Rp486 miliar.

Saham large cap perbankan yang masih menjadi incaran pelaku pasar mencerminkan optimisme investor atas kondisi ekonomi Indonesia terlebih sejumlah rilis data ekonomi mengindikasikan peningkatan.

Dari sisi komoditas, harga minyak global dan emas Comex kembali mencatatkan penurunan karena ketegangan geopolitik di Timur Tengah mereda.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat mengalami penguatan 0,72% ke level 13.673 per dolar AS.

Di sisi lain, semalam (13/1), Dow Jones rebound 0,29% ke level 28.907 menjelang penandatanganan perjanjian perdagangan fase I antara AS dan Tiongkok pada Rabu (15/01).

Selain itu, investor juga optimis laporan keuangan 4Q19 yang akan dirilis pekan ini akan mencatatkan peningkatan kinerja.

Dari sisi domestik, Indonesia dengan Uni Emirat Arab menandatangani 16 kesepakatan yang terdiri dari 5 perjanjian kerja sama antara kedua negara dan sisanya berupa perjanjian kerjasama antarpelaku usaha. Perjanjian tersebut berpotensi meningkatkan aliran dana investasi ke Indonesia.

“Kondisi tersebut berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Selasa (14/1/2020).