ANALIS MARKET (13/1/2020) : Sentimen Pengembangan Industri Baterai Ion Lithium Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, pada penutupan perdagangan Jumat (10/01) lalu, IHSG menerima net buy Rp95 miliar.

Sektor telekomunikasi mencatatkan net buy mencapai Rp63 miliar.

Di sisi lain, IHSG menguat senada dengan bursa saham Asia lantaran rencana kunjungan Wakil Perdana Menteri Liu He ke Washington pada 13-15 Januari semakin membangkitkan harapan investor akan damai dagang.

Dari sisi komoditas, keputusan India untuk membatasi impor CPO dari Malaysia diproyeksi akan memicu perang harga dengan Indonesia sebagai juara pemasok minyak sawit dan memperlemah harga komoditas CPO.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat mengalami penguatan 0,59% ke level 13.772 per dolar AS.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup melemah 0,46% ke level 28.823 lantaran AS secara resmi memberikan sanksi baru bagi Iran dimana ada dua pihak yang terkena sanksi adalah kalangan pejabat pemerintahan dan produsen logam.

Dari sisi domestik, Presiden Jokowi berencana untuk mulai menghentikan ekspor komoditas saat nikel dan minyak kelapa sawit karena Indonesia akan fokus mengembangkan industri baterai lithium ion yang digunakan mobil listrik.

“Kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (13/1/2020).