Menteri Perindustrian Sebut Target 10 Juta Tenaga Kerja Tahun 2030 Realistis

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan dengan adanya industri 4.0 nanti, maka akan dapat membutuhkan banyak lapangan pekerjaan yang baru. Karena itu, menurutnya target 10 juta lapangan kerja baru di tahun 2030 adalah hal realistis. 

"Cukup realistis. Kita rata-rata bisa menyerap 700 ribuan tenaga kerja per tahun dari keseluruhan industri. Nanti dengan Industri 4.0 bisa meningkat lebih tinggi lagi," katanya di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Dirinya mengatakan kunci dari roadmap Industri 4.0 adalah peningkatan investasi. Terutama berkaitan dengan pengembangan industri baru.

"Jadi kalau permintaan naik, pabrik bertambah dan kunci dari making indonesia 4.0 adalah investasi. Makanya investasi ini yang kita dorong," ujarnya.

Sementara itu, dirinya mengatakan ada beberapa sektor yang bakal menyerap banyak tenaga kerja. Menurut Airlangga, industri tekstil adalah salah satunya. 

"Pakaian, alas kaki itu yang paling banyak. Elektronik juga sama, itu menyerap banyak tenaga kerja. Karena semua industri elektronik kan membutuhkan tenaga kerja yang besar", pungkasnya.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menyiapkan Perpres percepatan implementasi Industri 4.0. Peraturan Presiden tersebut untuk sinkronisasi kegiatan-kegiatan lintas sektoral.

"Jadi nanti kami lihat sektor apa saja yanng bisa diharmonisasi dan supaya eksekusinya bisa lebih lincah. Selain itu, arahannya deregulasinya dimana. Jadi nanti akan kami lengkapi dengan apa yang akan dideregulasikan," tandasnya.