Indeks Nikkei Naik 0,12 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, naik 23,98 poin, atau sekitar 0,12 persen, pada Rabu (4/9/2019), menjadi 20.649,14. Indeks Topix sebaliknya melemah, turun 0,26 persen menjadi 1.506,81.

Seperti dilaporkan Reuters, indeks Nikkei naik setelah Bank of Japan (BOJ) diperkirakan akan memberlakukan pelonggaran kebijakan moneter dalam menghadapi dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Menurut anggota dewan kebijakan BOJ Goushi Kataoka, pertumbuhan ekonomi Jepang terancam perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang menyebabkan ekspor berkurang.

Selain harapan akan pelonggaran kebijakan moneter oleh BOJ, indeks Nikkei juga terdukung positifnya data ekonomi Tiongkok yang terbaru. Sektor jasa Tiongkok berekspansi dalam laju tercepat dalam tiga bulan terakhir pada Agustus setelah peningkatan pesanan baru membuat rekrutmen karyawan di sektor ini mengalami peningkatan tertinggi dalam setahun terakhir.

Indeks manajer pembelian sektor layanan Caixin/Markit mencapai angka 52,1 bulan lalu. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak Mei, dengan angka indeks Juli hanya mencapai 51,6.

Saham perusahaan pengapalan Kawasaki Kisen Kaisha dan Mitsui OSK Lines masing-masing melambung 4,04 persen dan 2,23 persen. Saham perusahaan farmasi Kyowa Kirin, Chugai Pharmaceutical, Sumitomo Dainippon Pharma, dan Takeda Pharmaceutical juga meningkat secara signifikan, masing-masing sebesar 3,63 persen, 2,40 persen, 2,10 persen, dan 1,60 persen.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen berada di kisaran 106,11 yen per dolar AS.