Lewat Fitur GoCar Instan, Gojek Hadir Di Bandara Soetta

Foto : istimewa

Pasardana.id - Aplikasi taksi daring besutan Gojek kini bisa leluasa beroperasi di seluruh terminal kedatangan Bandara Soekarno Hatta.

Armada milik Koperasi Ligat Sejahtera (Mahesa) dipilih untuk masuk dalam fitur GoCar Instant di aplikasi karya anak bangsa tersebut.

Lewat fitur GoCar Instan, Gojek mengaplikasikan pemesanan on-the-spot untuk pengguna yang yang butuh kecepatan dari Bandara Soekarno Hatta.   

Co-Founder Gojek, Kevin Aluwi mengatakan kehadiran fitur Gocar Instan Gojek di Bandara Soetta merupakan inovasi baru untuk mendukung produktivitas dan memudahkan hidup masyarakat Indonesia.

Fitur tersebut diyakini dapat mempersingkat waktu tunggu penjemputan di terminal kedatangan yang sebelumnya kerap berdampak pada lamanya arus keluar masuk kendaraan di bandara.

"Kami alami perkembangan luar biasa dan bangga bisa ada di sini, fitur ini merupakan salah satu solusi Gojek untuk transportasi cepat dan mudah dari Bandara," kata Kevin saat meluncurkan fitur Gocar Instan di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Selasa, (10/9/2019). 

Berbeda dengan fitur GoCar biasa, lanjut Kevin, GoCar Instan ini memudahkan pengguna untuk menemukan driver tanpa harus menunggu lama. Sistem matching lewat kode PIN memberi keleluasaan kepada pengguna langsung menemukan driver yang stand-by di sejumlah di titik jemput GoCar Instan.   

Fitur Gocar Instan di Bandara Soetta juga akan menggunakan tarif pada aplikasi Gojek yang disesuaikan dengan regulasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Konsumen kami maunya apapun ingin cepat dan ini solusi alternatif cepat untuk keluar dari Bandara dan mendapatkan pengalaman terbaik," paparnya.

Sejauh ini, GoCar telah dioperasikan di sebagian area Bandara Soekarno Hatta. Titik jemput GoCar Instan dapat ditemui antara lain di terminal kedatangan 2D dan 2F. Kini dalam proses perluasan untuk area kedatangan 1A dan terminal 3 domestik dan internasional.   

"Di titik ini pengguna dapat mengorder layanan Gocar Instan secara mandiri untuk kemudian melaporkan ke petugas kami di bandara dan akan dijemput di area khusus yang telah disediakan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Ahmad Yani memastikan, pihaknya mendukung penuh Gojek untuk bisa beroperasi melayani penumpang di Bandara Soetta.

Kehadiran transportasi online diharapkan bisa juga hadir di bandara lainnya.

"Bagaimana fitur dalam aplikasi bisa berikan tingkat keselamatan dan keamanan yang tinggi bagi penggunanya, aturan sudah dilengkapi dan tinggal pelaksananya," tuturnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, Agus Haryadi menuturkan, kehadiran Gojek sesuai dengan misi bandara Soetta yang akan baik kelas menjadi smart airport.

Pilihan transportasi terutama bagi kaum milenial kini semakin beragam selain tranportasi konvensional seperti bus dan kereta.

"Konsep ke depan kami adalah connect smart airport dan fasilitas pendukung ini sejalan dengan misi kami pada sistem transportasi online, masyarakat tidak perlu bersempit-sempit di tempat parkir," ungkapnya.

Ketua Koperasi Ligat Utama Sejahtera, Khairul Yahya menambahkan, saat ini sudah 250 kendaraan yang tergabung dalam koperasi telah masuk pada fitur Gocar Instan dan khusus mengangkut pelanggan di Bandara Soetta.

Kedepannya, jumlah armada dengan kendaraan berpelat hitam itu pun bakal disesuaikan saat terjadi lonjakan penumpang.

"Anggota koprasi terutama para pengemudi bisa ciptakan efisiensi waktu mereka bekerja. Masyarakat pengguna aplikasi di Bandara Soetta juga sangat antusias dan kami berharap dapat terus berlanjut dan ditingkatkan," ucap Khairul.