SMBR Akan Bangun Pabrik Baru Dengan Investasi Rp6 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) tengah melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS) pembangunan pabrik semen baru di Jambi. Direncanakan, pabrik kelima emiten semen pelat merah itu akan berkapasitas produksi 2 juta ton pertahun.

Rencana tersebut disampaikan Direktur Utama SMBR, Jobi Triananda Hasjim di gedung Bursa efek Indonesia, Rabu (21/8/2019).

“Rencananya FS-nya akan rampung awal tahun depan,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, dia tidak merinci lebih jauh rencana tersebut karena masih dalam tahap FS. Hanya saja, berkaca dari pengalaman sebelumnya untuk membangun pabrik semen dengan kapasitas 2 juta ton membutuhkan dana investasi Rp6 triliun.

“Misalnya, Baturaja II investasi sebesar Rp3,2 triliun. Jadi, (dana investasi) Baturaja III ini bisa sekitar Rp6 triliun,” kata dia.

Lebih lanjut ia mangatakan, pembangunan pabrik itu sejalan dengan persediaan bahan baku semen yakni tambang kapur perseroan yang akan mencakup luas 6.000 hektar.

“Rencananya pabrik baru di dekat tambang kapur kami di Jambi,” kata dia.

Ia menambahkan, rencana pembangunan pabrik ini telah mempertimbangkan ketersediaan semen dalam negeri di masa yang akan datang.

“Kita tidak khawatir dengan over supply sebab demand dan supply semen selalu ada jeda. Saat supply berlebih, demand turun tapi ada kalanya demand meningkat tapi persedian kurang karena pabrik semen baru dibangun,” jelas dia.