Dituduh Lakukan Kecurangan, Saham GE Anjlok

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham General Electric (GE) yang terdaftar di Bursa Efek New York anjlok 11,30 persen pada Kamis (15/8/2019) setelah perusahaan konglomerat Amerika Serikat tersebut dituduh melakukan kecurangan dalam pelaporan kondisi keuangan.

Seperti dilansir BBC News, Harry Markopolos yang merupakan penyelidik keuangan yang berhasil membongkar skandal skema Ponzi yang dilakukan Bernard Madoff mengungkap bahwa GE telah tidak jujur terhadap publik.

Dalam laporan setebal 175 halaman yang dibuat Markopolos, disebutkan bahwa GE menyembunyikan potensi kerugian sebesar US$38,1 miliar, atau sekitar Rp547 triliun, dan juga menutupi kondisi keuangan perusahaan yang buruk.

“Kecurangan akuntansi yang dilakukan GE mencapai US$38 miliar yang berarti lebih dari 40 persen dari kapitalisasi pasar GE, membuatnya jauh lebih buruk dari kecurangan yang terjadi di Enron atau WorldCom,” ungkap Markopolos dalam laporan yang dirilisnya.

Pihak GE telah mengeluarkan sanggahannya terhadap tuduhan Markopolos, menyebut tuduhan tersebut tidak berdasar. CEO GE Larry Culp menyebut tuduhan itu merupakan langkah manipulatif untuk mengacaukan saham GE.