Menko Luhut Usulkan ASN Gunakan Motor Listrik di 2020

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo, agar di tahun depan, ada alokasi APBN untuk pengadaan kendaraan dinas pegawai pemerintah menggunakan motor listrik Gesits. Hal ini, lanjut Luhut, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk karya anak bangsa.  

"Saya lapor ke presiden APBN tahun depan pembelian sepeda motor diwajibkan motor listrik dari Gesit misalnya. Agar penggunaan kendaraan bermotor makin maju," kata Luhut di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (13/8/2019).

Luhut juga mendorong penggunaan teknologi karya anak bangsa lainnya sebagai dukungan terhadap produksi dalam negeri. Dia berharap BUMN bisa bekerja sama dengan para teknopreneur dalam negeri.

"Jadi supaya mencoba mendorong karya anak bangsa. Kalau tidak kita mulai begitu, kapan teknologi kita akan maju," pungkasnya. 

Luhut menjelaskan hal tersebut bisa dilakukan apabila infrastruktur pendukung kendaraan listrik sudah siap dan memadai. Dia mencontohkan hal ini bisa diterapkan terlebih dahulu di Jakarta sebagai upaya untuk menekan polusi yang tinggi di Ibu Kota. 

"Kalau sudah siap infrastrukturnya terutama Jakarta, kan daerah lain belum siap. Jakarta kan cuacanya parah 60 persen polusi di duara itu karena kendaraan," tutur Luhut. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengaku telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) soal kendaraan listrik. Ia berharap, Perpres tersebut dapat menunjang industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Sudah saya tandatangani Senin (5 Agustus 2019) pagi," kata Jokowi di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.

Jokowi berharap, Perpres dapat mendorong pelaku industri otomotif untuk mempersiapkan membangun industri kendaraan listrik di Tanah Air. Apalagi, menurut dia, bahan baku untuk memproduksi baterai untuk kendaraan listrik melimpah di Indonesia.