ANALIS MARKET (22/7/2019) : Rilis Laporan Keuangan Emiten Jadi Penggerak Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup menguat pada (19/07), ditopang oleh sektor konsumer.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Basic. Ind (+2.4%), Consumer (+1.4%), dan Infrastructure (+0.6%).

Sedangkan INNI index ditutup menguat ditopang oleh saham properti seperti CTRA (1,7%). Penguatan pada saham properti didorong oleh keputusan BI untuk memangkas suku bunga acuannya sehingga bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berpeluang turun.

Sementara itu, Jumat lalu (19/07), IHSG juga mencatatkan net sell asing Rp849 miliar. Saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) membukukan net sell Rp1,07 triliun di pasar nego pada perdagangan Jumat (19/07) yang didasari pembelian saham kembali sebanyak 110,94 juta oleh TBIG.

Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar masih menguat didorong oleh keputusan BI dan sinyal The Fed.

Adapun Investor domestik mencatatkan net sell di sektor konsumer dan perbankan, masing-masing senilai Rp136 miliar dan Rp123 miliar.

Disisi lain, Dow Jones ditutup melemah 0,3% ke level 27.154 didorong oleh kabar mengenai pemangkasan suku bunga FFR yang lebih rendah dari rencana atau sekitar 25 basis poin pada akhir bulan ini.

Selain itu, pemerintah Iran menangkap sebuah kapal tanker Inggris di Selat Hormuz disebabkan oleh dugaan pelanggaran wilayah laut yang mendorong harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent mengalami penguatan, masing-masing sebesar 0,6% dan 1,7%.

“Hari ini cermati perusahaan yang sudah merilis laporan keuanguan semester I-2019,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (22/7/2019).