Investor Ritel Berebut 1% Saham IPO Satyamitra Kemas Lestari

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk menetapkan porsi penawaran terpusat atau pooling sebanyak 1% pada penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) atau sebanyak 6,5 juta lembar saham dari total saham baru sebanyak 650 juta lembar.

Menurut Direktur Utama PT Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto selaku penjamin pelaksana emisi efek, bahwa penetapan besaran porsi penawaran terpusat atau pooling sebesar 1% tersebut, sudah sesuai dengan peraturan.

“Kan aturannya minimal porsi pooling itu 1%, dan porsi ini umumnnya untuk investor ritel,” kata dia, di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (2/7/2019).

Seperti diketahui, calon emiten kemasan kertas itu melepas sebanyak 650 juta lembar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp193 per lembar saham. Sehingga PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk akan meraup dana sebesar Rp125,45 miliar.

Pada saat yang sama, perseroan juga melepas 130 juta Waran Seri I atau sebanyak 4,73% dari total saham. Waran Seri I diberikan kepada setiap pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam DPS pada Tanggal Penjatahan secara cuma-cuma dengan ketentuan bahwa setiap pemegang lima Saham Baru yang namanya tercatat di DPS pada Tanggal Penjatahan akan memperoleh satu Waran Seri I.

Adapun satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu Saham Baru dengan harga senilai Rp400 hingga tanggal 11 Juli 2022.