ANALIS MARKET (15/5/2019) : Kemungkinan Rupiah Masih Akan Melemah Karena Faktor Musiman

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, ada kecenderungan indeks di bursa Asia akan naik hari ini, Rabu (15/5/2019), terlihat dari indeks futures bursa Asia yang hampir semuanya ‘hijau’, ditambah sentimen positif dari naiknya indeks di bursa global semalam walaupun harga minyak mentah turun pagi ini.

Adapun mata uang kuat Asia, yen dan HK dolar dibuka menguat terhadap USDolar pagi ini.

“Tetapi, kemungkinan rupiah masih akan melemah karena factor musiman menuju kisaran Rp.14.440 - Rp.14.470 per USD (kurs tengah Bloomberg),” jelas Lana Soelistianingsih, Kepala Riset/Ekonom SAM dalam riset yang dirilis Rabu (15/5/2019).

Lebih lanjut, riset SAM juga menyoroti perihal kepemilikan dana asing pada pasar modal Indonesia yang masih cukup tinggi.

Di pasar obligasi, dana asing yang masuk tercatat sebesar US$4,4 miliar atau naik 2,7% yoy sedangkan di pasar saham tercatat dana asing yang masuk sebesar US$4,2 miliar atau naik 11,2% yoy.  

Di tengah tensi perang dagang dan turunnya harga saat ini, membuat pasar Indonesia menjadi relatif lebih murah dan mestinya bisa menarik dana asing lebih besar.

Sementara dari eksternal, The Fed mulai khawatirkan isu perang dagang yang bisa membuat perlambatan ekonomi AS dari potensi ekspansinya saat ini.

Presiden The Fed dari Boston bahkan mensinyalkan The Fed akan menggunakan instrumen kebijakan ‘counter cycle’ termasuk menurunkan suku bunganya.

Pada April 2019 ini, harga impor AS tumbuh melambat dibandingkan Maret, belum memfaktorkan tensi perang dagang yang menguat di awal Mei ini.