Peringkat Efek LPKR Tetap Pada B3

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  Lembaga pemeringkat efek Moody's Investors Service (Moody's) mempertahankan peringkat efek PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)  pada level B3, dengan prospek positif dari sebelumnya negatif.

Peringkat serupa juga didapat emiten properti dari S&P Global Ratings, yakni CCC+ atas utang jangka panjang di CreditWatch dengan implikasi positif.

Menurut CEO LPKR, John Riady, prospek peringkat Moody’s mencerminkan ekspektasi lembaga pemeringkat tersebut, bahwa LPKR akan memiliki cukup uang tunai untuk mendanai kebutuhan operasional dan memenuhi kewajiban utang hingga akhir tahun 2020.

“Peningkatan peringkat oleh Moody's dan S&P memvalidasi ketahanan program pendanaan kami, yang akan memperkuat neraca, meningkatkan likuiditas dan memungkinkan Perseroan untuk meneruskan investasi dalam proyek-proyek utama yang sedang berjalan,“ kata John Riady, dalam siaran pers, Jumat (15/3/2019).

Masih menurut John, S&P berencana untuk menyelesaikan CreditWatch setelah right issue LPKR selesai, yang berpotensi dapat menaikan peringkat dengan satu atau dua tingkat.

Sementara itu, dalam laporan pemeringkatannya, Moody’s percaya bahwa usulan untuk melakukan right issue yang dijamin menunjukkan komitmen kuat dari keluarga Riady untuk mendukung langkah-langkah pengurangan utang Perseroan dan menyelesaikan proyek-proyek yang sedang dibangun.

Moody's juga mempertahankan peringkat B3 untuk surat utang tanpa jaminan dari obligasi yang diterbitkan oleh Theta Capital Pte. Ltd., anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh LPKR.

Sementara itu, S&P percaya bahwa program pendanaan akan membantu memperbaiki posisi keuangan Perseroan dengan mengurangi utang, dan mendanai pertumbuhan di masa depan dalam bisnis propertinya.