ANALIS MARKET (06/12/2019) : Penguatan Optimisme Konsumen Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, pada penutupan perdagangan Kamis (05/12), IHSG menerima net foreign buy tipis sebesar Rp36 miliar.

TLKM mencatatkan net buy dengan nilai transaksi Rp105 miliar setelah meraih CNBC Indonesia Award 2019 dalam kategori The Best Digital Human Capital Development dan The Best Corporate Strategy.

Dari sisi komoditas, harga minyak dunia melonjak menjelang pertemuan OPEC yang menyepakati kebijakan pembatasan produksi.

Selain itu, data investaris AS mencatatkan adanya penurunan cadangan minyak mentah mencapai 4,86 juta barel.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat 0,26% ke level 14.086 per dolar AS.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat 0,10% ke level 27.677 lantaran konsistensi diskusi kesepakatan dagang tahap I AS-Tiongkok yang masih berlanjut dan data tunjangan pengangguran AS yang menunjukkan penurunan pengajuan.

Dari sisi domestik, Bank Indonesia merilis survei konsumen November yang mengindikasikan penguatan optimisme konsumen, didorong oleh semakin membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

“Kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (06/12/2019).