Ciptadana Asset Management Terbitkan Reksa Dana ETF dan Gandeng Indo Premier Sekuritas Sebagai Dealer Participan

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Ciptadana Asset Management (Ciptadana) telah menerbitkan produk ETF dengan nama Reksa Dana Indeks CIPTA ETF INDEX LQ45 dengan kode efek XCLQ di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Nilai Aktiva Bersih Rp100 dan menggunakan indeks LQ45 sebagai acuan.

Direktur Utama Ciptadana Asset Management, Paula Rianty Komarudin mengungkapkan, reksa dana ETF baru ini diharapkan bisa jadi pilihan alternatif bagi para investor.

"Dengan diterbitkannya produk investasi ETF ini di penghujung tahun 2019, Ciptadana Asset Management membuktikan komitmen dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan Pasar Modal Indonesia dengan produk-produk yang inovatif dan dapat menjadi pilihan investasi yang baik bagi investor," ungkap Paula dalam siaran pers, Rabu (27/11).

Dijelaskan, ETF adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. Meskipun ETF pada dasarnya adalah reksa dana, produk ini diperdagangkan seperti layaknya saham-saham yang ada di bursa efek.

ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun belinya.

Lebih lanjut Paula membeberkan, keuntungan membeli ETF adalah investor dapat berinvestasi secara instan, melakukan diversifikasi pada instrumen investasi yang likuid serta transparan.

"Untuk LQ45, investor juga mudah memantaunya, karena informasi mengenai index LQ45 bisa dilihat secara online,” sambung Paula.

Untuk kemudahan bertransaksi bagi investor produk ETF ini, Ciptadana menggandeng Indo Premier Sekuritas (IPS) sebagai Dealer Partisipan.

Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan telah bekerja sama dengan Manajer Investasi BUMN dan swasta. Saat ini ada 7 Manajer Investasi dimana Indo Premier sebagai Dealer Partisipan, yang menerbitkan 23 ETF saham dan fixed income dengan total AUM
sebesar Rp10,38 triliun per 22 November 2019.

Sementrara Ciptadana Asset Management yang didirikan pada tahun 1991, saat ini memiliki total dana kelolaan sebesar Rp5,6 triliun per 15 November 2019.

Sebagai upaya untuk turut memajukan Pasar Modal Indonesia, Ciptadana akan terus menerbitkan beragam produk investasi termasuk produk ETF lainnya serta dalam proses menerbitkan produk EBA di tahun 2020.