Bertemu Di Istana Bogor, Jokowi Bersama PM Belanda Bahas Kerjasama Strategis

Foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Belanda Y. M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10). Kedua Kepala Pemerintahan tersebut bakal melakukan sejumlah agenda, termasuk pembicaraan terkait kerja sama perekonomian. 

Jokowi menyatakan Belanda merupakan mitra penting RI di bidang perdagangan, investasi, maupun pariwisata. "Di bidang investasi saya mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim, dan pengelolaan air," kata Jokowi saat jumpa pers bersama Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Jokowi mengatakan RI-Belanda juga sepakat meningkatkan perdagangan yang terbuka dan adil. Menurut Jokowi, dirinya turut menekankan kembali perhatian Indonesia untuk kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit. 

Dalam pembicaraan dengan Rutte, Jokowi juga menyampaikan bahwa dalam lima tahun ke depan dirinya bakal memberikan prioritas pada pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ia mengaku membahas peningkatan kerja sama di bidang pendidikan. 

"Dalam pertemuan kita juga membahas upaya dengan meningkatkan kerja sama di bidang vokasi termasuk di bidang kemaritiman dan keperawatan," ujarnya. 

"Sebagai penutup saya berikan apresiasi kepada pemerintah Belanda yang secara konsisten tegas menghormati kedaulatan negara Republik Indonesia," kata Jokowi melanjutkan.

Beberapa menteri yang hadir dalam pertemuan ini, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.