Aset Kurang Rp5 Miliar, Lima Perusahaan Tunggu Papan Akselerasi Untuk IPO

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Lima perusahaan dengan Net Tangible Assets (NTA) atau Aset Berwujud Bersih kurang dari Rp5 miliar tengah menunggu disahkannya Rancangan Peraturan Nomor I-V Tentang Ketentuan Khusus Pencatatan Saham di Papan Akselerasi untuk melakukan pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan Bursa BEI, I Nyoman Gede Yetna Setia di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

“Lima perusahaan itu ingin IPO, ada perusahaan tug boat, hotel dan peminjaman kendaraan. Tapi, karena NTA masih dibawah Rp5 miliar sebagai syarat pencatatan saham, maka belum bisa saat ini,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam rancangan peraturan pencatatan papan akselerasi, memungkinkan perusahaan dengan NTA kurang Rp5 miliar untuk melakukan pencatatan saham di BEI.

“Jika Anda (perusahaan) belum memiliki NTA Rp5 miliar, tapi boleh mencatatkan saham asalkan memiliki pendapatan dan kapitalisasi pasar memadai,” kata dia.

Nyoman juga menegaskan, rancangan peraturan papan akselerasi akan dibahas dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada minggu depan.

“Jika sudah disetujui OJK, maka akan berlaku tahun ini,” ucap dia.

Masih menurut Nyoman, beleid baru terkait pencatatan itu mengacu pada peraturan OJK Nomor 53/POJK.04/2017 tentang Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten Dengan Aset Skala Kecil atau Emiten Dengan Aset Skala Menengah.