Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Rabu (9/1/2019) dipicu penurunan cadangan minyak mentah Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2019 meningkat US$2,58 menjadi US$52,36 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2019 naik US$2,72 menjadi US$61,44 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan mingguan yang dirilis Rabu, Energy Information Administration menyebutkan bahwa cadangan minyak AS turun 1,7 juta barel pada pekan yang berakhir 4 Januari, menjadi 439,7 juta barel.

Penurunan cadangan minyak AS terjadi di tengah peningkatan impor, yang mencapai 7,8 juta barel per hari pekan lalu, sehingga kekhawatiran pasokan berlebih mereda. Dalam empat pekan terakhir, impor minyak yang dilakukan AS mencapai 7,6 juta barel per hari, 3,6 persen lebih rendah dari tahun lalu.

Harga minyak dunia juga didukung sentimen positif yang meliputi pasar saham berkat harapan positif terhadap hasil pertemuan para pejabat AS dan Tiongkok di Beijing. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang menyebutkan bahwa hasil pertemuan tak hanya akan memberi kebaikan bagi AS dan Tiongkok, namun juga dunia.