Laba Ford Melonjak 60 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Tingginya tingkat penjualan truk di Amerika Utara mendongkrak laba perusahaan otomotif Amerika Serikat Ford Motor Company pada kuartal III 2017.

Seperti dilansir BBC News pada Kamis (26/10/2017), laba Ford pada kuartal tersebut mencapai US$1,6 miliar, atau sekitar Rp21,8 triliun, melonjak 60 persen dari raihan laba pada kuartal yang sama tahun lalu. Sedangkan pendapatan pada kuartal tersebut mencapai US$36,5 miliar, meningkat 1 persen year-on-year.

Walau laba melonjak, bukan berarti Ford tidak menemui permasalahan. Penjualan Ford di Tiongkok hanya mencapai 833.000 kendaraan dalam periode sembilan bulan pertama tahun ini. Jumlah tersebut menunjukkan penurunan 5 persen dari periode yang sama pada 2016 lalu.

Sebaliknya perusahaan rival Ford, General Motors, dapat menjual 2,7 juta kendaraan dalam sembilan bulan pertama tahun ini bersama perusahaan rekanan lokal. Jumlah tersebut berarti peningkatan 1 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk meningkatkan daya saing di Tiongkok, Ford mempertimbangkan kerja sama dengan Zoyte, perusahaan lokal yang berfokus terhadap mobil elektrik. GM telah menyatakan akan merilis 20 kendaraan elektrik pada 2023.