Penuhi Aturan Regulator Asuransi, SMMA Ambil Alih Asuransi Simas Net

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menggelontorkan dana sebesar Rp14 miliar untuk membeli 14.000 lembar saham PT Asuransi Simas Net (ASN) dari PT Asuransi Sinar Mas (ASM) dan pada saat yang sama melakukan penambahan modal sebesar Rp7 miliar kepada ASN.

Direktur Utama SMMA, Doddy Susanto menyampaikan, bahwa hal itu dilakukan untuk memenuhi peraturan kepemilikan tunggal atau Single Presence Policy perusahaan asuransi.

“Sebelum transaksi, ASN dimiliki 99% oleh ASM dan 1% oleh perseroan dan setelah transaksi, SMMA memiliki 15% saham pada ASN," sebut Doddy dalam keterbukaan informasi perseroan pada laman Bursa Efek Indonesia, Senin (16/10/2017).

Dijelaskan, transaksi yang terjadi pada tanggal 13 Oktober 2017 itu, merupakan transaksi afiliasi, karena 99,99% saham ASM dikuasi SMMA. Tapi tidak memiliki sifat benturan kepentingan sebagaimana diatur oleh regulator pasar modal.

Bersamaan dengan transaksi itu, PT Sinar Mas Multifinance juga melakukan pembelian 127.500 saham ASN atau setara 85% saham ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga PT Sinar Mas Multifinance kini menjadi pemegang saham pengendali ASN.