Nilai Tukar Rupee Merosot 11 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Nilai tukar rupee yang merupakan mata uang India terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat tahun ini. Dari sejak awal tahun, nilai tukar rupee telah merosot lebih dari 11 persen.

Seperti dilansir BBC News, Kamis (13/9/2018), nilai tukar rupee saat ini mencapai sekitar 72,18 rupee per dolar AS, setelah sempat mencapai nilai tukar terendah 72,91 rupee per dolar AS. Di awal April, nilai tukar dolar AS terhadap rupee masih mencapai 65,1 rupee per dolar AS.

Terpuruknya rupee terpengaruh tingginya harga minyak dunia. India merupakan negara importir minyak, dengan 80 persen dari minyak yang dikonsumsi India berasal dari impor.

Dalam tiga bulan pertama tahun ini, impor minyak India mencapai US$28,9 miliar. Pada periode yang sama tahun 2017, impor minyak India hanya mencapai US$18,8 miliar.

Tingginya impor minyak menyebabkan tingginya permintaan dolar AS oleh perusahaan importir minyak India, untuk membeli minyak dari pasar global.

Nilai tukar rupee juga terhantam ditariknya dana asing dari India. Dalam periode tiga bulan sampai Juni 2018, para investor telah menarik US$8,1 miliar dari India. Pada periode yang sama tahun lalu, asing menanamkan dana sebesar US$12,5 miliar di India.

Para investor memilih untuk menarik dana dalam bentuk dolar AS dari India dan negara-negara emerging market lainnya seiring peningkatan suku bunga Federal Reserve AS, yang membuat penanaman dana di Negeri Paman Sam menjadi lebih menguntungkan.