RBS Segera Kembali Bayarkan Dividen

foto: istimewa

Pasardana.id - Royal Bank of Scotland (RBS) akan membayarkan dividen kepada para pemegang saham, untuk pertama kalinya berlangsung dalam satu dekade terakhir.

Seperti dilansir BBC News, Jumat (3/8/2018), RBS akan membayarkan dividen sebesar 0,02 pound sterling per saham sebagai dividen interim setelah pembayaran 3,8 miliar pound kepada Departemen Kehakiman Amerika Serikat selesai dilakukan.

Pembayaran kepada Departemen Kehakiman AS membuat perolehan laba RBS pada periode Januari sampai Juni 2018 lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya. Perolehan laba RBS dalam enam bulan pertama tahun ini hanya mencapai 888 juta juta pound, sedangkan dalam enam bulan pertama 2017 mencapai 939 juta pound.

RBS membebankan 1 miliar pound untuk pembayaran terhadap pihak regulator AS, sesuai kesepakatan yang dicapai pada Mei lalu, dalam pengeluaran semester I 2018. Pembayaran dilakukan sehubungan penjualan produk keuangan yang tidak sesuai dengan konsumen (misselling) dalam kasus sekuritas berbasis hipotek yang memicu terjadinya krisis keuangan satu dekade lalu.

RBS telah menyisihkan dana untuk melakukan pembayaran selanjutnya terhadap Departemen Kehakiman AS. Pembayaran terhadap Departemen Kehakiman AS akan selesai dalam hitungan bulan, setelah itu dividen bisa dibayarkan kepada para pemilik saham.

Pemerintah Inggris melakukan bail out terhadap RBS saat krisis keuangan mencapai puncaknya pada 2008 lalu. Saat itu, kepemilikan saham RBS masih 62,4 persen dimiliki publik.

Bulan lalu, pemerintah Inggris merugi 2,1 miliar pound setelah menjual saham RBS senilai 0,271 pound per saham, hanya setengah dari harga per saham 0,502 pound saat melakukan bail out dengan melakukan pembelian saham RBS pada 2008.