Indeks Nikkei Melonjak 1,12 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 241,15 poin, atau sekitar 1,12 persen, pada Jumat (6/7/2018), menjadi 21.788,14. Angka indeks untuk pertama kalinya berakhir di teritori positif pekan ini.

Dalam sepekan terakhir, indeks Nikkei turun 2,3 persen. Telah tiga pekan beruntun angka indeks mengalami pelemahan.

Indeks volatilitas Nikkei turun 12 persen mencapai 18,16 yang merupakan angka terendah dalam 1,5 pekan terakhir. Indeks Topix naik 0,9 persen menjadi 1.691,54.

Seperti diwartakan Reuters indeks Nikkei terdongkrak setelah bursa saham Tiongkok kembali pulih karena para investor melakukan pembelian terhadap saham-saham yang sebelumnya sempat melemah. Bursa Tiongkok sebelumnya berada dalam tekanan penetapan tarif impor terhadap produk bernilai US$34 miliar dari Tiongkok oleh pemerintah Amerika Serikat, yang mulai berlaku hari ini.

Pemerintah Tiongkok telah menyatakan bahwa dengan diberlakukannya tarif impor terhadap produk Tiongkok oleh pemerintah AS, maka Tiongkok juga akan mengenakan tarif sebesar 25 persen terhadap produk impor bernilai US$34 miliar dari AS.

Saham-saham utama yang meningkat di Bursa Tokyo hari ini adalah saham TDK Corporation, Advantest Corporation, Toyota Motor Corporation, dan Honda Motor Company yang masing-masing melambung 5,2 persen, 3,6 persen, 1,1 persen, dan 1,4 persen.

Saham perusahaan farmasi Eisai Company meroket 19 persen setelah mengeluarkan pernyataan bersama Biogen Inc bahwa analisa akhir uji coba tingkat menengah obat Alzheimer yang dikembangkan kedua perusahaan tersebut menunjukkan hasil positif bagi pasien yang menerima dosis tinggi.

Nilai tukar dolar AS melemah 0,1 persen terhadap yen menjadi 110,560 yen per dolar AS.