ANALIS MARKET (05/7/2018) : IHSG Diperkirakan Bergerak Bervariasi Dibayangi Aksi Ambil Untung

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian FAC Sekuritas Indonesia menyebutkan, melanjutkan perdagangan hari ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak bervariasi. 

Peluang penguatan lanjutan akan dibayangi aksi ambil untung menyusul resiko pasar eksternal yang masih tinggi.

Pergerakan rupiah terhadap dolar AS yang kembali melemah di Rp14420 pagi ini bisa menekan kembali saham-saham sensitif interest rate.

Sementara Wall Street, tadi malam (04/7), libur nasional memperingati Hari Kemerdekaan AS. Di Zona Euro, indek saham utama tutup bervariasi. Indeks CAC di Paris menguat tipis 0,07% di 5320,50. Sedangkan indeks FTSE London dan DAX Jerman masing-masing koreksi 0,27% dan 0,26% di 7573,09 dan 12317,61.

Sentimen pasar masih dikhawatirkan dengan meningkatnya tensi perang dagang antara AS dengan China menjelang tenggat waktu berlakunya kebijakan kenaikan tarif Trump atas impor barang China akhir pekan ini dengan total nilai USD34 miliar.

Koreksi di bursa saham Eropa terutama dipimpin saham-saham teknologi terimbas sentimen negatif dari putusan Pengadilan China, Selasa pekan ini, yang melarang perusahaan teknologi AS, Micron Technology Inc. menjual produk chip di wilayah China.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, IHSG diperkirakan bergerak bervariasi di kisaran 5670 hingga 5780 menguat terbatas,” sebut analis FAC Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Kamis (05/7/2018).