Najib Hadapi Tuntutan Hukum Terkait Skandal 1MDB

foto: istimewa

Pasardana.id - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menghadapi tiga tuduhan pidana pelanggaran kepercayaan dan satu tuduhan penyalahgunaan wewenang untuk melakukan gratifikasi terkait skandal 1MDB dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Rabu (4/7/2018).

Berbagai tuduhan tersebut, seperti diberitakan Reuters, berhubungan dengan dana sebesar 42 juta ringgit, atau sekitar US$10 juta (Rp143,5 miliar) yang dialirkan dari SRC International, yang sebelumnya merupakan unit bisnis 1MDB, ke rekening bank pribadi Najib.

Najib pada Selasa (3/7/2018) ditahan oleh MACC (Malaysia Anti Corruption Comission) terkait skandal 1MDB yang menyebabkan raibnya dana sebesar hamper Rp64 triliun dari kas pemerintah Malaysia. MACC pada hari yang sama menginterogasi anak tiri Najib, Riza Aziz, yang diduga menerima aliran dana dari 1MDB.

MACC dalam beberapa minggu terakhir ini telah melakukan penyitaan di sejumlah properti yang dikaitkan dengan Najib. Termasuk yang diamankan adalah sejumlah barang mewah bernilai lebih dari Rp3,8 triliun di rumah Najib, di antaranya adalah lebih dari 12.000 perhiasan milik istri Najib, Rosmah Mansor.