Tiongkok Nikmati Pertumbuhan yang Kuat di Bidang Permainan Digital

foto: istimewa

Pasardana.id - Tiongkok merupakan salah satu negara di dunia yang menikmati pertumbuhan yang kuat di bidang permainan digital.  

Menurut laporan perusahaan Research and Markets, seperti dilansir Xinhua, Jumat (8/6/2018), Tiongkok sejauh ini merupakan pasar gim mobile terbesar di dunia dengan hampir 600 juta pengguna. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat jumlah penduduk Amerika Serikat.

Sekitar 25 persen dari pendapatan gim mobile global berasal dari Tiongkok. Pasar gim mobile Tiongkok diproyeksikan akan tumbuh dari US$16 miliar pada 2018 menjadi US$24,7 miliar dalam lima tahun.

Jumlah pengguna gim mobile di Tiongkok akan meningkat 122 juta pengguna dalam tiga tahun, dari 598 juta pada 2018 menjadi 720 juta pada 2021.

Pendapatan game mobile merupakan segmen yang paling cepat berkembang, diproyeksikan akan menyalip pendapatan gim online PC tahun ini dan menyumbang hampir dua pertiga dari total pendapatan pada tahun 2022.

Gim olahraga online terus menjadi salah satu penggerak pertumbuhan terkuat. Sedangkan gim pertempuran royale menjadi genre baru terpopuler di platform mobile.

Laporan Research and Markets juga mengungkapkan peningkatan jumlah pengguna gim mobile wanita, yang menghabiskan cukup banyak dari waktunya dalam melakukan permainan.