Indeks Nikkei Turun 0,56 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, turun 128,76 poin, atau sekitar 0,56 persen, pada Jumat (8/6/2018), menjadi 22.694,50. Indeks Topix juga melemah, melorot 0,4 persen menjadi 1.781,44.

Pelemahan yang terjadi membuat reli empat sesi beruntun sebelumnya menjadi terhenti. Meski demikian, indeks Nikkei masih tetap menguat 2,4 persen dalam sepekan, peningkatan tertinggi dalam 11 pekan terakhir.

Para investor berhati-hati dalam melakukan transaksi seiring berlangsungnya KTT G7, dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan melakukan pertemuan khusus dengan pemimpin beberapa negara dalam event tersebut, untuk melakukan pembicaraan terkait perdagangan.

Untuk kedepannya, para investor akan terpengaruh hasil pertemuan Federal Reserve AS dan keputusan yang diambil European Central Bank pekan depan.

Saham-saham utama yang mengalami pelemahan yang signifikan hari ini adalah saham SoftBank, Fanuc Corporation, dan Tokyo Electron yang masing-masing anjlok 2,9 persen, 1,3 persen, dan 2,1 persen.

Sebaliknya, saham defensif seperti perkeretaapian dan utilitas mengalami penguatan. Saham West Japan Railway Company dan Tokyo Gas masing-masing naik 0,1 persen dan 0,9 persen.

Saham perusahaan kecap Kikkoman Corporation melonjak 1,9 persen setelah laporan media menyebutkan CEO kehormatan Yuzaburo Mogi menyebutkan rencana pendirian unit penjualan untuk menjual produk kecap Kikkoman di Amerika Selatan dan India.

Nilai tukar dolar AS melemah 0,3 persen terhadap yen menjadi 109,40 yen per dolar AS.