Alibaba Akuisisi Daraz Group

foto: istimewa

Pasardana.id - Raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba Group telah mengakuisisi perusahaan e-commerce Pakistan Daraz Group yang merupakan penyedia platform e-commerce terbesar di Asia Selatan.

“Kami senang Daraz menjadi bagian ekosistem Alibaba,” kata CEO Alibaba Zhang Yong, seperti dikutip Xinhua.

“Melalui Daraz, kami dapat melayani konsumen dengan lebih baik di kawasan Asia Selatan,” jelas Zhang.

Daraz Group didirikan di Pakistan pada 2012 lalu. Perusahaan tersebut beroperasi di Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Sri Lanka, dan Nepal.

Daraz menampung 30.000 penjualan dan 500 brand di platform-nya, dengan 2 juta produk tersedia bagi 5 juta konsumen melalui berbagai cara pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD). Setelah akuisisi, Daraz akan terus beroperasi dengan nama Daraz.

“Bersama Alibaba, kami dapat semakin mendukung penjualan para seller, menyediakan produk-produk terbaik bagi para konsumen,” kata Co-CEO Daraz, Jonathan Doerr.

Akuisisi Daraz terjadi hanya dua bulan setelah Alibaba membeli 45 persen saham Telenor Microfinance Bank, anak perusahaan Telenor Group asal Norwegia, dengan dana US$184,5 juta, untuk mengembangkan pembayaran mobile dan layanan keuangan digital di Pakistan.

Alibaba Group menandatangani MoU dengan Kementerian Perdagangan Pakistan tahun lalu, yang memuluskan langkah Alibaba merambah pasar negara tersebut.