Indeks Nikkei Meningkat 0,83 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, meningkat 183,30 poin, atau sekitar 0,83 persen, pada Kamis (31/5/2018), menjadi 22.201,82. Indeks Topix juga mengalami peningkatan, naik 0,65 persen menjadi 1.747,45.

Indeks Nikkei sempat melemah secara signifikan pada sesi sebelumnya dipicu kekhawatiran kondisi politik di Italia, lalu mengalami rebound hari ini setelah partai-partai besar Italia pada Rabu (30/5/2018) menyepakati berlangsungnya pemilu ulang pada Juli mendatang.

Meski demikian, para analis memperkirakan penguatan yang terjadi tidak akan berlangsung lama karena berbagai faktor negatif bagi saham perusahaan Jepang, seperti penguatan yen, akan membawa sentimen kurang baik ke pasar modal.

“Para investor memilki kekhawatiran terhadap penguatan yen, sehingga mereka kemungkinan besar tidak akan melakukan banyak pembelian,” kata Yutaka Miura, analis teknis senior Mizuho Securities, seperti dikutip Reuters.

Saham perusahaan tambang dan otomotif mengalami peningkatan signifikan hari ini. Saham Japan Petroleum Exploration melambung lebih dari 5 persen setelah Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities meningkatkan rangking saham perusahaan tersebut. Saham Toyota Motor dan Honda Motor masing-masing meningkat 1,17 persen dan 0,85 persen.

Di sisi lain, saham perusahaan pengapalan dan maskapai penerbangan mengalami pelemahan. Saham Mitsui OSK Lines dan Japan Airlines masing-masing merosot 1,1 persen dan 1,6 persen.

Nilai tukar dolar AS menguat 0,2 persen terhadap yen menjadi 108,61 yen per dolar AS.