Ford Gandeng Alibaba Kembangkan Penjualan Mobil Secara Online

foto: istimewa

Pasardana.id - Alibaba Group Holding Ltd dikabarkan telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan otomotif Amerika Serikat Ford Motor Co untuk mengembangkan kerjasama di bidang komputasi awan, konektivitas, dan ritel.

Dalam pernyataan yang dirilis Kamis (7/12/2017), pihak Alibaba menyebut dua anak perusahaan raksasa e-commerce Tiongkok tersebut, platform pemasaran Alimama dan perusahaan sistem operasi AliOS, akan bekerjasama dengan erat bersama Ford untuk tiga tahun ke depan. Termasuk dari hasil kerjasama tersebut adalah penjualan mobil produksi Ford melalui platform ritel online Tmall.

"Kesepakatan dilakukan dengan tujuan mengeksplorasi cara-cara baru untuk mendefinisikan ulang cara konsumen melakukan pembelian kendaraan, selain juga membuka peluang baru terkait penjualan ritel," ungkap pernyataan Alibaba, seperti dikutip Reuters.

Presiden dan CEO Ford Jim Hackett menyatakan kerjasama dengan Alibaba mendukung visi perusahaan otomotif Amerika Serikat untuk mengembangkan mobil berteknologi tinggi.

Penjualan Ford di Tiongkok kurang memuaskan dalam beberapa bulan terakhir karena kesulitan mengikuti tren terbaru di dunia otomotif Negeri Panda. Ford terutama terlambat mengantisipasi permintaan mobil murah di kota-kota kecil di Tiongkok.