Berkat Switch, Laba Tahunan Nintendo Naik 36 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan produsen konsol permainan dan game Jepang Nintendo Company, Ltd pada Kamis (26/4/2018) melaporkan perolehan laba tahunan untuk tahun fiskal 2017 sebesar US$1,28 miliar atau sekitar Rp17,79 triliun. Jumlah tersebut berarti meningkat 36 persen dari pendapatan pada tahun fiskal sebelumnya.

Peningkatan laba yang terjadi tidak terlepas dari kesuksesan penjualan Nintendo Switch yang diluncurkan awal Maret 2017, konsol permainan dengan penjualan tertinggi sejak Nintendo Wii pada 2006 lalu.

“Hasil tahun fiskal lalu menunjukkan tren penjualan yang positif bagi Nintendo Switch, mencapai 15,05 juta unit dalam setahun,” ungkap pernyataan perusahaan seperti dikutip BBC News.

Game ‘Super Mario Odyssey’ menjadi game Switch dengan penjualan tertinggi pada tahun fiskal lalu, mencapai 10,41 juta unit secara global. Total penjualan game Switch secara global pada tahun fiskal lalu mencapai 63,51 juta unit. Total penjualan produk Nintendo meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun fiskal 2017 bila dibandingkan tahun fiskal sebelumnya.

Nintendo memperkirakan juga akan mengalami pertumbuhan yang baik untuk tahun fiskal saat ini. Laba tahunan diperkirakan akan meningkat 18 persen dan penjualan tahunan naik 13,7 persen.

Nintendo yang berkantor pusat di Kyoto telah menunjuk Shuntaro Furukawa sebagai presiden perusahaan yang baru. Pria berusia 46 tahun tersebut akan menggantikan presiden Nintendo sebelumnya, Tatsumi Kimishima, yang telah berusia 68 tahun.