Laba Bersih Citibank Indonesia Capai Rp2 T Dalam Sembilan Bulan 2017

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Citibank N.A., Indonesia (Citibank) menorehkan kinerja yang baik pada Triwulan III-2017. Laba bersih Citibank tercatat sebesar Rp2 triliun, naik 5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,9 triliun.

Kenaikan laba bersih ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 7,6% menjadi Rp3,3 triliun sampai dengan akhir triwulan III-2017. Proporsi pendapatan bunga bersih merata dari setiap lini bisnis. Institutional Banking berkontribusi 53% sementara Consumer Banking berkontribusi sebesar 47%.

Kinerja yang baik ini menghasilkan rasio Return on Asset (ROA) sebesar 4,65% dan Return on Equity (ROE) sebesar 16,45%.

Chief Executive Officer Citibank, N.A. Indonesia Batara Sianturi mengatakan, "Kinerja yang baik ini mencerminkan momentum yang kuat pada bisnis kami baik di Institutional Banking maupun di Consumer Banking. Total aset meningkat sebesar 9,4% menjadi Rp80,5 triliun dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 4,2% menjadi Rp54,7 triliun. Porsi Giro dan Tabungan sebesar 70% dari keseluruhan DPK per 30 September 2017." 

Lebih lanjut Batara menyampaikan, "Kami terus menjaga kualitas kredit dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. NPL gross dan net pada akhir September 2017 tercatat sebesar masing-masing 1,92% dan 0,63%, membaik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing sebesar 2,91% dan 1,12%. Tingkat permodalan kami juga sangat memadai dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum sebesar 27,57% per 30 September 2017."

Dalam lini Institutional Banking, Citibank secara sukses telah meluncurkan kemampuan untuk mendukung Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) bersama dengan 12 bank lainnya sebagai percontohan. Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada customers, kami juga telah memigrasikan platform internet banking customer komersial kami ke platform integral CitiDirect BE. Pada periode ini kami juga telah meluncurkan kemampuan Chinese Yuan (CNY), yang memungkinkan para customer untuk melakukan penukaran CNY dengan kami.

Dalam lini Consumer Banking, Citibank telah meluncurkan kampanye Citigold 'On Your Terms', sebuah kampanye terbaru yang menawarkan layanan wealth management melalui digital dan solusi finansial yang disesuaikan dengan aspirasi nasabah dalam hal wealth, education dan retirement. Peluncuran program ini dilakukan di Jakarta serta beberapa kota utama di Indonesia seperti Medan dan Bandung.

Sejalan dengan misi kami untuk memberikan remarkable mobile banking experience, Citi terus melengkapi aktivitas yang sebelumnya hanya tersedia di cabang, CitiPhone dan Citibank Online, untuk tersedia di Citi Mobile.

Salah satu kapabilitas yang dimiliki adalah nasabah dapat melakukan aktivasi rekening dormant melalui Citi Mobile, tanpa harus mengunjungi cabang ataupun menghubungi CitiPhone.

Selain itu, nasabah dapat melihat dan mengunduh e-Statement Kartu Kredit dan Ready Credit Citibank hingga 7 tahun ke belakang.

Lebih lanjut, Mobile OTP disatukan dengan Citi Mobile Token dimana nasabah dapat melakukan aktivitas dan transaksi di Citi Mobile secara seamless.