Kobe Steel Tunjuk Yamaguchi Sebagai CEO Sekaligus Presiden Perusahaan

foto: istimewa

Pasardana.id - Kobe Steel pada Jumat (9/3/2018) menunjuk Mitsugu Yamaguchi sebagai CEO baru sekaligus presiden perusahaan, pengganti Hiroya Kawasaki yang telah menyatakan mengundurkan diri.

Seperti dilaporkan Reuters, Yamaguchi merupakan kepala bisnis mesin Kobe Steel. Pria berusia 60 tahun tersebut juga menjabat sebagai wakil presiden eksekutif.  

Kawasaki mengumumkan pengunduran dirinya Selasa (6/3/2018) lalu. Ia akan resmi mundur dari jabatannya mulai awal bulan depan sebagi bentuk pertanggungjawaban atas terjadinya skandal pemalsuan data yang terungkap ke publik tahun lalu.

Menunjuk CEO sekaligus presiden perusahaan dari segmen bisnis di luar bisnis utama Kobe Steel, yaitu baja, merupakan hal yang jarang terjadi di perusahan baja terbesar ketiga di Jepang tersebut. Kobe Steel tengah berupaya untuk mengubah kultur perusahaan.

“Dalam struktur manajemen yang baru, Kobe Steel akan bergerak maju seiring berlangsungnya reformasi yang fundamental terhadap organisasi dan kultur perusahaan dalam upaya memulihkan kepercayaan semua pihak terhadap perusahaan secepatnya,” ungkap pihak Kobe Steel dalam sebuah pernyataan.

Kobe Steel yang telah berdiri 112 tahun merupakan penyedia komponen baja bagi perusahaan manufaktur mobil, pesawat terbang, dan kereta api di berbagai belahan dunia. Bisnis baja merupakan salah satu dari delapan segmen bisnis Kobe Steel, yang mencakup 40 persen dari total penjualan pada periode sembilan bulan sampai Desember 2017 lalu dan menyumbang sepertiga laba total perusahaan.