Kawasaki Mundur dari Jabatan CEO Kobe Steel

foto: istimewa

Pasardana.id - Hiroya Kawasaki pada Selasa (6/3/2018) mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO Kobe Steel sehubungan terjadinya skandal pemalsuan data. Ia juga mengucapkan rasa penyesalannya secara mendalam atas skandal yang terjadi.

Seperti dilaporkan BBC News, Kawasaki secara resmi akan meninggalkan perusahaan baja terbesar ketiga di Jepang tersebut pada 1 April mendatang. Seiring pengunduran diri Kawasaki, Akira Kaneka juga disebutkan akan mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden eksekutif Kobe Steel.

“Selama 112 tahun berdiri, grup Kobe Steel berusaha untuk selalu mengelola dan menjalankan bisnis dengan mengedepankan kepercayaan konsumen. Kejadian baru-baru ini yang terjadi sangat disesalkan oleh perusahaan,” ungkap pernyataan yang dirilis pihak Kobe Steel.

Menurut pernyataan tersebut lebih lanjut, kepergian Kawasaki dan Kaneka dari Kobe Steel menunjukkan bahwa Kobe Steel ingin bertanggung jawab atas kejadian yang terjadi dan menyadari bahwa skandal tersebut telah sangat menyusahkan para konsumen, suplier, pemegang saham, maupun pihak-pihak lainnya.

Kobe Steel mengakui terjadinya pemalsuan terhadap data quality control (QC) sehingga menyebabkan material yang dikirimkan kepada para konsumennya, termasuk kepada perusahaan produsen mobil Jepang, mungkin tidak sesuai dengan ketentuan pada Oktober tahun lalu.