Indeks Nikkei Meningkat 0,61 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, meningkat 127,77 poin, atau sekitar 0,61 persen, pada Kamis (29/3/2018), menjadi 21.159,08. Sedangkan indeks Topix naik 0,3 persen menjadi 1.704.

Sektor ritel dan makanan meningkat, menutupi pelemahan sektor teknologi yang masih terpengaruh anjloknya sektor teknologi Wall Street. Saham Seven & i Holdings, Lawson, dan Asahi Group Holdings masing-masing melonjak 1,5 persen, 1,4 persen, dan 3,5 persen. Sebaliknya saham Tokyo Electron dan Advantest Corporation masing-masing anjlok 1,9 persen dan 1 persen.

Saham perusahaan farmasi Takeda terjun bebas 7,5 persen setelah mengumumkan tengah berada di tahap awal dan eksplorasi dalam mempertimbangkan untuk mengakuisisi perusahaan bioteknologi Shire dengan dana US$40 miliar atau sekitar Rp550 triliun.

“Para investor khawatir akuisisi tersebut akan menimbulkan beban hutang yang besar bagi Takeda, yang kapitalisasi pasarnya lebih kecil dari Shire,” kata seorang market strategist di Tokyo, seperti dikutip Reuters.

Rencana tersebut merupakan langkah yang berani. Seperti seekor ular yang berusaha menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri dan hal tersebut membuat para investor khawatir. Hal tersebut tak biasa terjadi di Jepang,” jelas sang market strategist lebih lanjut.

Nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap yen Jepang berada di kisaran 106,82 yen per dolar AS.