Laba Tencent Naik 74 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Tencent Holdings Limited pada Rabu (21/3/2018) menyatakan laba 2017 yang akan dibagikan kepada para pemegang saham meningkat 74 persen dari tahun sebelumnya berkat pertumbuhan yang solid yang dialami bisnis utama perusahaan teknologi Tiongkok tersebut.

Laba yang akan dibagikan mencapai 71,5 miliar yuan, atau sekitar US$10,9 miliar (Rp149,77 triliun), menurut laporan yang tercantum di situs resmi Tencent.

“Kami terus mencapai pertumbuhan yang solid di segmen bisnis utama,” ungkap pernyataan Tencent. Pertumbuhan terutama dialami bisnis game online, konten digital, iklan, pembayaran, dan layanan komputasi awan Tencent.

Total pendapatan meningkat 56 persen menjadi 237,76 miliar yuan tahun lalu. Pendapatan dari penjualan game PC naik 13 persen menjadi 12,8 miliar yuan. Sedangkan pendapatan dari penjualan game ponsel pintar naik 59 persen menjadi 16,9 miliar yuan, pendapatan iklan online melambung 49 persen.

Pelanggan layanan value-added fee-based secara keseluruhan meningkat 22 persen year-on-year menjadi 135 juta pelanggan, yang terutama dipicu layanan streaming video dan musik.

“Pada 2017, Tencent membuat langkah strategis penting yang memperkuat kepemimpinan kami,” kata Ma Huateng, pimpinan sekaligus CEO Tencent, seperti dikutip Xinhua.

“Untuk kedepannya, kami secara bertahap meningkatkan investasi di berbagai area, seperti video, pembayaran, komputasi awan, teknologi AI, dan ritel pintar, yang akan mempengaruhi tak hanya laba dalam waktu dekat, tapi juga akan menciptakan pertumbuhan dalam jangka panjang,” ungkap Ma.

Saham Tencent yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong turun 0,86 persen pada Rabu. Nilai pasar Tencent mencapai HK$4,39 triliun atau sekitar US$560 miliar.